Polres Dompu Gelar Rakor Lintas Instansi Persiapan Launching Kampung Sehat

Admin
By -
0
Suasana Rapat Koordinasi Lintas Instansi Di Mako Polres Dompu.
[Dink*/Ist].

DOMPU,- Bertempat di Aula Markas Polres Dompu dilaksanakan kegiatan rapat koordinasi Lintas Instansi dalam rangka pembentukan "Kampung Sehat" di Kabupaten Dompu, 11/6/2020 Kamis Pagi.

Rapat koordinasi pembentukan kampung sehat tersebut dipimpin secara langsung oleh Kapolres Dompu AKBP. Syarif Hidayat, SH, S.I.K. 

Hadir dalam kesempatan tersebut Kapolres Dompu AKBP. Syarif Hidayat, SH, S.I.K. Dandim 1614/Dompu Letkol Inf. Ali Cahyono, S.Kom, Waka Polres Dompu Kompol I Nyoman Adi Kurniawan, SH, Kepala BPBD Jufri, ST. M.Si, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu Bapak Maman, S.KM, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten M. Syai'un SH, Para Pejab at Utama Polres Dompu, Para Kabag, Kasat/Kasi Serta Para Kapolsek Jajaran Polres Dompu.

Pose Bersama Usai Rakor Lintas Instansi Jelang Launching Kampung Sehat.
[Dink*/Ist].

Kapolres Dompu pada kesempatan tersebut menuturkan, Pembentukan kampung sehat perlu adanya sosialisasi awal antara lain menggunakan spanduk, poster, serta menggunakan media pengumuman penerangan keliling.

"Harus ada sosialisasi lebih awal menggunakan spanduk atau poster serta penerangan keliling," Ujar Kapolres Dompu.

Lanjut Kapolres Dompu, Selanjutnya perlu dibuat peraturan Desa (Perdes) tentang Protokol Kesehatan ditengah Pandemi Covid-19 Corona.

"Misalnya perdes tentang peraturan pelaksanaan resepsi pernikahan, takziah, kematian, ditengah kondisi wabah covid-19 ini," Harapnya.

Kapolres Dompu Menambahkan, Di masing-masing kelurahan dan kampung tetap dibuatkan posko tentang pengendalian covid-19 seperti Data masyarakat yang ODP, PDP,  maupun positif.

"Di Kelurahan dan Desa juga perlu menyiapkan satu tempat penanganan pasien dengan metode isolasi mandiri atau semacamnya," harap Kapolres Dompu.

Sementara Dandim 1614/Dompu Letkol Inf. Ali Cahyono, S.Kom mengatakan, Kegiatan kampung sehat ini merupakan program pemerintah daerah menuju masyarakat Dompu yang sehat dan terhindar dari covid-19 ini.

"Dengan adanya pembentukan kampung sehat ini nantinya, diharapkan di Kelurahan dan Desa di Kabupaten Dompu terbentuk kebiasaan hidup baru yakni kebiasaan hidup sehat sehingga terwujudnya program pemerintah menuju New Normal yang baru," Ungkap Dandim Dompu.

Terpisah Kepala Laksana BPBD Kabupaten Dompu Bapk Jufri, ST. M.Si menuturkan, Program kampung sehat ini sudah mulai dilakukan sejak awal sebenarnya. Semua Desa dan Kelurahan tetap melaksanakan penyemprotan disinfektan serta tetap memberlakukan protokol kesehatan di pintu-pintu masuk dengan menyiapkan alat pendeteksi suhu tubuh dan menyiapkan alat cuci tangan dan hand sanitizer.

"Apa yang menjadi program kampung sehat sebenarnya sudah kami laksanakan, serta menyiapkan penyemprotan disetiap Desa/Kelurahan serta alat pendeksi suhu tubuh dan hand sanitizer di pintu keluar masuk Desa serta menghimbau kepada sekolah-sekolah untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dalam pelaksanaan KBM nantinya," Terang Jufri, ST. M.Si dalam sambutannya.

Lebih jauh jufri menjelaskan, meminta segera menentukan tim kerja untuk memberikan penilaian dan seleksi dalam pembentukan kampung sehat ini.

"Para Kapolsek diharapkan nantinya untuk mendeskripsikan situasi di lapangan terkait setiap proses penanganan covid-19 di wilayah kerja  masing-masin," harapnya

Sambutan pamungkas disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu Maman S.Km M.Kes Mengatakan, Pihaknya sudah mempersiapkan ceklis dari nama-nama pasien covid-19 termasuk Data-data orang/pasien yang melakukan perjalanan keluar masuk kota. 

"Nama-nama pasien sudah kami siapkan dan kami ceklis termasuk data orang yang melakukan perjalanan dalam dan keluar daerah, serta telah menyiapkan posyandu di tiap-tiap desa dan kelurahan dengan menerapkan sistem protokol-protokol kesehatan standar covid-19," Pungkasnya. 

Pantauan media ini kegiatan berakhir pada pukul 11.02 wita, Kegiatan berlangsung aman dan lancar, dan dilanjutkan dengan kegiatan sesi foto bersama. [Dink*].
Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)