SDN 12 Dompu Gelar Asesmen Sumatif Akhir Sekolah Serentak

Admin
By -
0
Suasana Asesmen Sumatif Akhir Yang Diikuti Oleh Siswa Kelas 6 SDN 12 Dompu.
[Dok. Istimewa Media Ini].

DOMPU,- SD Negeri 12 Dompu Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu - NTB menggelar Assesmen Sumatif Akhir Sekolah (ASAS) untuk seluruh kelas 6 SDN 12 Dompu tersebut.


Plt. Kepala SDN 12 Dompu Nurmiadi Mauluddin, S.Pd dikonfirmasi koran-prioritas.com diruang kerjanya mengatakan, bahwa kegiatan Assesmen Sumatif Akhir Sekolah (ASAS) ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 6.


"Assesmen Sumatif Akhir Sekolah (ASAS Red,-) ini merupakan salah satu bentuk evaluasi yang dilakukan oleh satuan pendidikan, dengan tujuan untuk mengetahui daya serap peserta didik pada semua kompetensi dasar yang telah dijalani selama enam bulan (satu semester red,-). Ujian sekolah ini juga untuk menguji kepercayaan diri serta rasa tanggung jawab terhadap apa yang sudah dipelajari selama pembelajaran berlangsung selama ini," Ujar Dae Adhy sapaan akrab Kepsek SDN 12 Dompu ini, Senin (13/5/2024) di ruang kerjanya pagi tadi.

Nurmiadi Mauluddin, S.Pd 
Plt. Kepala SDN 12 Dompu.
[Uma*/Ist]

Ditambahkannya, Pelaksanaan Asesmen Sumatif Akhir Sekolah (ASAS) Tahun Pelajaran 2023/2024 dilaksanakan selama 4 (empat) hari kedepannya dan diikuti oleh seluruh siswa kelas 6. 


Penilaian Asesmen Sumatif Akhir Sekolah ini bertujuan untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang kemampuan dan perkembangan siswa selama siswa menempuh pendidikan di SD Negeri 12 Dompu ini. Nilai yang diberikan dalam asesmen ini sering digunakan untuk memberikan umpan balik kepada siswa dan orang tua, serta untuk mengevaluasi efektivitas program pembelajaran dan sebagai syarat sebuah kelulusan. 


Untuk membantu menggambarkan ruang lingkup materi yang akan diujikan. Biasanya terdapat daftar topik atau konsep yang harus dipahami oleh siswa. Maka, Guru memberikan Kisi-kisi (Rambu Red,-) untuk belajar, hal ini diharapkan akan bisa membantu siswa untuk fokus pada materi yang penting dan mempersiapkan diri dengan baik.


"Dengan Program Asesmen Sumatif Akhir Sekolah (ASAS Red,-) ini diharapkan bisa mengukur pemahaman siswa, memberikan umpan balik, mengevaluasi efektivitas pengajaran, menyediakan dasar pengambilan keputusan dan membantu perencanaan kurikulum serta keterlibatan orang tua dalam kelulusan siswa," Pungkasnya 


Pantauan langsung media ini, Sebanyak 15 orang siswa antusias mengikuti kegiatan asesmen sumatif akhir ini. Peserta didik diberikan waktu sebanyak 90 menit untuk menyelesaikan soal-soal yang berikan tersebut. [Uma*]

Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)